ANGGARAN LAPAS KLAS IIA SUMBAWA





Penyerapan Anggaran Sampai Dengan Bulan Desember 2013 : 96,95 %
______________________________________________

Minggu, 19 Agustus 2012

Allahu Akbar… Allahu Akbar… Allahu Akbar... ; Seruan Kemenangan di Hari yang Fitri

Kartu Lebaran Kalapas Sumbawa
Sumbawa Besar – Suasana pagi itu tampak begitu cerah. Semburat cahaya mentari terasa hangat menerpa kulit, menandai datangnya sang hari kemenangan. Kemenangan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat Islam di seantero dunia. Di Bumi Lapas pun, keriuhan menyambut hari yang telah dijanjikan tersebut telah tampak selepas berbuka di hari terakhir bulan Ramadhan 1433 H. Gema takbir berkumandang riuh dari Masjid At Taubah Lapas Sumbawa. Seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Sumbawa, turut bersuka cita menyambut kedatangannya. Tabuhan botol plastik, jirigen, dan piring bekas bersahut sayup-sayup di tengah kumandang takbir yang menggema. Persiapan pelaksanaan solat Idul Fitri 1433 H telah selesai dan tinggal menanti kedatangan khotib.

Suasana Pagi Hari Lapas Sumbawa
Minggu, 19 Agustus 2012 (bertepatan dengan 1 Syawal 1433 H) pukul 06.50 Wita kegiatan solat Idul Fitri di Lapas Sumbawa pun dimulai. Kegiatan diawali dengan sambutan Bapak Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sumbawa. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa di hari yang fitri ini kita semua memperoleh kemerdekaan yang sesungguhnya. Tidak terkecuali bagi WBP Lapas Sumbawa dengan diberikannya remisi khusus hari raya keagamaan bagi yang beragama Islam. Remisi yang diperoleh mestinya dimaknai sebagi berkah yang diberikan Allah Swt, keberkahan yang diberikan kepada hambanya tanpa pandang bulu dan pilih kasih. Inilah bukti kemahaadilan Allah bagi seluruh manusia.

Berdiri dari Kiri-Kanan : Hadi Kurniawan (Pembimbing Mental Napi), Moh. Saleh, SH. (Kasi Binadik), Ust. Muh. Jama'an (Imam dan Khotib Idul Fitri), FA. Widyo Putranto, Bc.IP (Kalapas Sumbawa), dan Untung CS., Amd.IP.,SH (Ka KPLP)
Usai sambutan dari Bapak Kalapas, Solat Idul Fitri 1433 H pun segera dimulai. Bertindak selaku imam dan khotib Bapak Ustadz Muhammad Jama’an, Imam Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Besar. Keheningan meliputi suasana solat Id di MAsjid At Taubah, khusuk mendengarkan lantunan ayat-ayat Alquran yang dibacakan oleh imam. Dalam khutbahnya, Ustadz Jama’an menyampaikan tentang dua dimensi manfaat yang diperoleh seorang muslim yang berpuasa di bulan Ramadhan, dimensi rohani dan dimensi jasmani. Dengan berpuasa, seorang hamba merasakan kedekatan yang paripurna dengan sang khalik. Dengan berpuasa pula, jasmani seorang hamba menjadi sehat karena teristirahatkannya sistem metabolisme dalam tubuh manusia. Hal ini dapat memacu meningkatnya kemampuan tubuh dalam mengolah makanan untuk menghasilkan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Tampak WBP Lapas Sumbawa Tengah Khusyuk Mengikuti Solat Idul Fitri
Pelaksanaan solat Idul Fitri kemudian diakhiri dengan kegiatan tasofahah (bersalam-salaman) antarjamaah yang mengikuti solat. Selanjutnya, seluruh petugas Lapas disilahkan mengikuti open house di kediaman Bapak Kalapas sembari menikmati kentalnya opor ayam dan lontong beras. (Wa-One)

Suasana Open House di Kediaman Bapak Kalapas Sumbawa

Tidak ada komentar: