ANGGARAN LAPAS KLAS IIA SUMBAWA





Penyerapan Anggaran Sampai Dengan Bulan Desember 2013 : 96,95 %
______________________________________________

Selasa, 07 Agustus 2012

Say No To "NARKOBA"


Sumbawa Besar-- Jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) jauh-jauh hari sebelumnya telah menyatakan perang terhadap Narkoba. Sebagai common enemy, seluruh petugas pemasyarakatan dari pusat hingga daerah telah mengucapkan ikrar pernyataan untuk menghindarkan diri dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba. Hal inilah yang kemudian mengemuka dalam temu wicara Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Sumbawa, khususnya WBP wanita dengan Bapak Sudarmin, seorang aktivis yang mencurahkan hidupnya untuk pemberantasan Narkoba.

Dalam temu wicara yang berlangsung di ruangan Seksi Keamanan dan Ketertiban Lapas Sumbawa pada hari Selasa, 7 Agustus 2012 tersebut Pak Darmin (panggilan akrab bapak Sudarmin) menceritakan berbagai pengalaman yang telah dijalaninya dalam melakukan pendampingan terhadap penderita Narkoba. Pendampingan yang kebanyakan berujung pada kematian para pengguna Narkoba. Dengan berbagai kisah yang disampaikan diharapkan peserta temu wicara dapat menyadari bahaya ketergantungan atas Narkoba bagi diri dan keluarga.
  

Aktivitas yang dilakukan oleh Pak Darmin bermula dari keprihatinannya atas kondisi generasi muda yang semakin hari semakin banyak yang terjerumus dalam penyalahgunaan dan peredaran Narkoba. Oleh karena itu, perjalanan yang dilakukan beliau dengan berjalan kaki sejak tahun 2006 akan coba mempromosikan tentang pentingnya memelihara kelestarian lingkungan hidup dan menghindarkan diri dari bahaya Narkoba. Direncanakan perjalanan dengan berjalan kaki ini akan dilakukan hingga mencapai empat negara ; Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.
   

Bapak Kalapas Sumbawa, Widyo Putranto, didampingi kasi Binadik dalam sambutannya saat membuka acara, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pak Darmin. Kalapas berharap, agar seluruh komponen bangsa bersama-sama bahu-membahu melakukan pencegahan atas peredaran Narkoba, utamanya kepada seluruh petugas pemasyarakatan Lapas Sumbawa. Petugas pemasyarakatan adalah pionir untuk membasmi Narkoba dalam Lapas hingga ke akar-akarnya. (Wa-One) 

Tidak ada komentar: